Sabtu, 13 September 2014

fungsi serta kegunaan internet

Fungsi Serta Kegunaan Internet

Kegunaan internet serta fungsi utama internet semakin banyak yang menggunakan karena dapat meringankan pekerjaan kita. Selain itu waktu menjadi efisien serta efektif di jaman sekarang ini karena adanya internet.
Sebelum kita membahas kegunaan internet, terlebih dulu kita mengenal apa itu internet. Menurut wikipedia, internet ( kependekan dari interconnected-networking ) yaitu rangkaian komputer yang terhubung didalam sebuah jaringan komputer. Adapun, internet ( dengan huruf “i” besar ) yakni sistem komputer umum, yang berhubung dengan global serta memakai tcp/ip sebagai protocol pertukaran paket ( packet switching communication protocol ). Rangkaian dari internet yang besar diberi nama internet.
Banyak kegunaan yang menguntungkan dari internet baik didalam bidang akademis, bisnis, komunikasi, organisasi, dan lain-lain. Sejarah perubahan internet pada masa sekarang memang telah menjadi fungsi utama untuk mempermudah kegiatan kita saat menjalin hubungan kerja yang baik dengan klien maupun kerabat kita.

Berikut beberapa kegunaan internet :
1. Sebagai gudang informasi
Dengan internet penyebaran informasi makin cepat dikarenakan ada sarana dari macam-macam search engines atau mesin pencari, yang ini berarti pencarian semua info yang kita butuhkan, yang mungkin berbentuk file, gambar, musik, film, video, dan lain-lain. Dikarenakan penyebaran info yang makin cepat kita diuntungkan dengan mendapatkan info dengan cepat juga.

2. Menjual/membeli dengan online
 
Penjual dapat memasarkan produknya melalui internet serta kita dapat beli suatu hal dengan instan dikarenakan melalui internet juga. Kita tinggal menentukan product atau layanan yang ada di halaman situs yang sediakan penjualan dengan on-line serta kita dapat membayarnya dengan on-line layaknya kartu kredit, transfer tunai di bank yang paling dekat dengan anda, atau ada juga yang sediakan sistem pembayaran cash on delivery ( cod ) yakni, pembayaran yang dikerjakan di area anda bertemu kurir pengirim barang, serta sesudah itu kita mendapatkan product atau layanan yang kita kehendaki.

3. Update berita
Saat ini tak perlu lagi menunggu untuk melihat berita yang disiarkan di televisi maupun membaca koran saat pagi dikarenakan telah banyak halaman-halaman situs yang menyajikan berita-berita dunia dengan up to date serta senantiasa diperbaharui dari waktu ke waktu sesuai perubahan berita yang ada.

4. Pendidikan
Kita dapat mencari buku-buku yang bisa dibaca dengan on-line ataupun off line ( sesudah kita download/unduh terlebih dulu ) dengan gratis. Kita juga dapat mendapatkan informasi-informasi perihal pendidikan dengan cepat di halaman-halaman situs yang memberikan informasi tentang pendidikan.

5. Komunikasi
Kita dapat memakai chatt/email untuk berkomunikasi dengan rekan kita dengan jarak jauh. Dengan jejaring sosial yang saat ini tengah booming kita dapat memiliki banyak rekan baru didunia maya atau mendapatkan teman lama kita di jejaring sosial tersebut hingga kita dapat terus berkomunikasi.
Daeri penjelasan di atas merupakan gambaran umum kegunaan internet serta fungsinya. Internet berkembang amat cepat dikarenakan beragam jenis sarana yang ada didalamnya.
 
Sarana utama internet
Fasilitas-fasilitas yang mendukung berpengaruh pada perubahan didalam dunia internet. Berikut sarana internet yang bertujuan :

a. sebagai media untuk mentransfer file
    Transfer file yang dimaksud yaitu untuk melakukan akses pada server lain yang jaraknya jauh, baik dengan anonymous ftp ( file transfer protocol ) ataupun yang bukan hanya anonymous ftp di dalam macam-macam situs browser.
b. sebagai fasilitas mengirim surat ( e-mail )
c. sebagai surat evaluasi serta pendidikan
d. sebagai fasilitas untuk penjualan atau pemasaran
e. Melakukan mailing list, newsgroup, serta konferensi
    Mailing list atau newsgroup dipakai untuk lakukan diskusi online didalam sesuatu komunitas untuk mengulas persoalan untuk netter ( pengguna internet ) yang mempunyai problem serta topic yang sama.
f. chating
   Chatting yaitu fasilitas internet yang dipakai untuk berkomunikasi langsung menggunakan catatan maupun lisan.
g. mesin pencari ( search engine )
    Mesin pencari ( search engine ) merupakan sarana yang disiapkan oleh situs-situs tertentu untuk mempermudah pencarian atau pelacakan informasi yang kita perlukan dengan cepat.
h. untuk mengirim sms ke handphone
i. fasilitas entertainment serta permainan
j. sharing file
k. menyimpan file multimedia layaknya, audio, photo, dokumen, ataupun video
l. menjalin persahabatan / melacak sahabat local ataupun mancanegara dengan situs jejaring sosial.
m. menyalurkan ide kreatif ide lewat blogging.
(Da)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar